Masih Mengejar El Pichichi

Lionel Messi. Foto: zimbio.com

BARCELONA – Kemenangan telak Barcelona 4-1 (2-1) Barcelona atas Malaga di Nou Camp, kemarin dini hari, memang tidak mampu menghentikan Real Madrid menjuarai Liga Primera Spanyol. Tetapi sangat membantu Lionel Messi dalam mengejar el pichichi alias top scorer.

Ya, sekarang Messi telah mengemas 46 gol, lebih banyak dua gol ketimbang winger Real Madrid Cristiano Ronaldo. Pada laga kemarin dini hari, Ronaldo menambah satu gol ke gawang Athletic Bilbao dan Messi mencetak hat-trick ke gawang Malaga.Dengan dua pertandingan tersisa, Messi memiliki peluang menggagalkan ambisi Ronaldo meraih el pichichi  dua musim beruntun. Kalau el pichichi masih dalam persaingan, Messi sudah memastikan diri memecahkan rekor gol Gerd Muller.

Pada 1972-1973, Muller yang membela Bayern Munchen, mencetak 67 gol di semua ajang dalam satu musim. Itu kemudian menjadi rekor gol terbanyak dalam semusim dan tidak terpecahkan selama empat dekade terakhir.

Namun, sekarang Messi telah melampauinya setelah hat-trick ke gawang Malaga pada menit ke-35 dan 59 melalui titik penalti serta menit ke-64. Satu gol Barca lainnya dicetak Carles Puyol di menit ke-13. Adapun gol Malaga dilesakkan Salomon Rondon di menit ke-26.

“Secara teknik, Messi sangat luar biasa. Gol-golnya juga brilian. Meski jenius, dia bukan pemain egois. Ada banyak pencetak gol hebat. Itu berarti rekor saya memiliki arti hebat karena bertahan selama 40 tahun,” kata Muller, kepada Mundo Deportivo.

Muller tidak kecewa karena rekornya akhirnya dipecahkan Messi. “Rekor ada untuk dipecahkan. Saya akan menjadi orang pertama yang memberinya selamat bila mampu memecahkan rekor itu. Kebanggaan buat saya,” katanya.

Sementara itu, pelatih Barca Josep Guardiola mengucapkan selamat kepada Real atas gelar juara musim ini. “Kami tidak bilang kami tidak berusaha memenangkan kompetisi. Kami hanya bisa bilang selamat buat Real atas suksesnya,” kata Guardiola, seperti dikutip Goal.

Soal dua penalti yang diberikan pada pertandingan kemarin dini hari, Guardiola menanggapinya dengan santai. “Dua penalti? Sekarang kami tidak butuh apapun lagi. Kayaknya sudah telat untuk mulai memberi kami penalti,” kata Guardiola. (ham)

Rekor Gol dalam Semusim
Pemain                  Klub              Musim           Gol
Lionel Messi          Barcelona    2011-2012    68 gol
Gerd Muller           Bayern         1972-1973    67 gol
Ferenc Deak         Szentlorinc   1945-1946    66 gol
Gyula Zsengeller  Ujpest           1938-1939    65 gol
Dixie Dean            Everton        1927-1928     63 gol

sumber : jpnn.com

Posted on May 4, 2012, in News & Politics. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: