Jangan Didik Anak dengan Kekerasan


Bojonegoro (beritajatim.com) – Perubahan cara pandang dalam mendidik yang diindentikkan dengan kekerasan, baik fisik maupun psikis, sudah tidak bisa ditolerir lagi. Pemerintah pun sudah menerapkan Undang Undang Perlindungan anak, yaitu nomor 23 tahun 2002, tentang perlindungan anak. Sehingga diharapkan kasus kekerasan terhadap anak bisa berkurang, dengan kesadaran keluarga, sekolah maupun lingkungan.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, (bakesbangpolinmas) Lukman Wafi. Dengan adanya penerapan undang undang perlindungan anak tersebut, menurutnya, para orang tua harus menyadari bahwa anak merupakan aset berharga yang harus dijaga dan dilindungi.

“Jangan ada dalih bahwa kekerasan yang dilakukan dalam upaya mendidik anak-anak kita,” jelas Lukman Wafi, saat melakukan sambutan seminar kekerasan terhadap anak, di wall GDK Bojonegoro, Rabu (18/04/2012).

Menurut Lukman Wafi, dimensi dalam mendidik anak sudah mengalami pergeseran dimana orang tua harus mendapatkan pemahaman tentang mendidik anak tanpa menggunakan kekerasan. Sementara Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) ini dikarenakan beberapa faktor antara lain karena kemiskinan dan kultur budaya yang masih memandang strata penggolongan dimana lelaki lebih unggul dari seorang perempuan.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan seminar dan sosialisasi ini, akan meningkatkan pemahaman tentang Undang-Undang perlindungan anak sekaligus upaya menciptakan generasi yang handal dan berdaya saing. [uuk/but]

sumber : beritajatim.com

Posted on April 18, 2012, in News & Politics. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: