Tutorial Cara Membuat WPAP dengan CorelDraw

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan CorelDraw atau cara bikin wpap dengan corel draw. Banyak kalangan desainer di Indonesia meyakini bahwa wpap kepanjangan dari Wedha’s Pop Art Portrait adalah seni vector asli dari Indonesia. Bahkan karya seni Indonesia dianggap tidak lagi kuno semenjak kelahiran WPAP (hehehe apa iya?). Digadang-gadang mampu go internasional karena apresiasinya yang begitu fenomenal. Menurut empunya Wedha Abdul Rasyid, WPAP merupakan salah satu seni pop art dengan cara tracing ( menjiplak / ngeblat ) foto yang kemudian dibuat bidang-bidang bergaris tegas lurus tak beraturan. Bidang-bidang tersebut dilanjutkan dengan memoles warna tersier yang diatur berdasarkan gelap terang warnayang bertabrakan, saling tumpang tindih dan berseberangan.

Cara Membuat WPAP dengan CorelDraw

“Nah, semua perbedaan tersebut sudah membentuk perbedaan ruang,” imbuhnya. WPAP yang dulunya bernama Foto Marak Berkotak (FMB) ‘mengharamkan’ penggunaan skin tone dan garis lengkung. Itulah yang menjadi ciri khas dan identitas WPAP. Bahkan Slamet Riyadi, seorang pecinta seni WPAP fanatik, mempunyai slogan ‘jangan ada kurva di antara kita’.

Sejarah Kemunculan WPAP

Seiring bertambahnya usia, Wedha Abdul Rasyid mengalami gangguan penglihatan. Untuk bisa menjalankan rutinitas dan tugas membuat ilustrasi sosok pesohor yang menjadi berita utama majalah hai tetap harus dijalankan. Inilah yang menjadi titik awal sehingga wedha membuat ilustrasi dengan menyesuaikan daya penglihatannya.

Sejak pertama kali kemunculannya, banyak yang menyukai gaya ini. Sangat mungkin karena selain nilai estitika yang banyak digemari juga gaya ini belum pernah dibuat sebelumnya di mass media Indonesia. Respon sosial buzz kemudian berkumandang di twitter, facebook dan banyak situs lokal dilanjutkan beberapa desainer kelaparan rasa penasaran proses pembuatannya. Ada juga yang bingung untuk menentukan aliran apakah gaya ilustrasi ini, kubisme, mozaikisme atau apa lagi. Wedha sendiri pernah menyebut ini sebagai Foto Marak Berkotak FMB.

Seiring perkembangan teknologi dibidang desain grafis, seni rupa WPAP ini semakin berkembang. Yang pada mulanya Wedha membuatnya secara manual, gambar/ foto ditrace dengan kertas kalkir, sekarang dapat dengan mudah dibuat di komputer tanpa meninggalkan sisi estetis dan kreatifitasnya. Ada banyak cara membuat wpap, ada yang mambuat wpap dengan coreldraw ada pula yang membuat wpap dengan illustrator bahkan ada pula yang membuat wpap dengan photoshop . Apresiasi semakin memuncak dengan terbitnya komunitas WPAP didunia maya, mumpung masih anget silakan cek tkp di http://www.wpapcommunity.com

Tutorial cara membuat WPAP dengan CorelDraw

Posted on April 12, 2012, in Corel Draw and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: